Baca Pesan Whatsapp Tanpa Buka Obrolan, Bisa Loh!

Aplikasi perpesanan Whatsapp sudah memperkenalkan fitur Bluetick sejak 2014 lalu. Fitur ini memungkinkan pengirim mengetahui apakah penerima melihat pesan atau tidak. Setelah fitur tersebut diperkenalkan, Whatsapp justru mendapatkan banyak kritik dari pengguna.

Fitur tersebut dianggap melanggar privasi bagi orang yang tidak ingin pengirim tahu apakah mereka sudah membaca pesan yang dikirim atau tidak.

Walaupun Whatsapp terus meningkatkan fitur – fiturnya, ternyata para pengguna memiliki trik tersendiri untuk dapat mengetahui cara membaca pesan tanpa perlu membuka tab obrolan.

Banyak pengguna Whatsapp dengan alasannya masing – masing, ingin membaca pesan tanpa harus membuka obrolan di aplikasi.

Hal ini bisa dilakukan dengan membacanya di setiap notifikasi yang muncul. Namun ternyata, ini bukanlah cara satu – satunya loh.

Masih ada beberapa metode lain untuk memeriksa pesan tanpa harus membuka aplikasi seperti yang akan kami berikan di dalam tips berikut ini.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah tekan agak lama pada layar beranda atau bagian depan layar ponsel dan akan muncul beberapa menu di layar.

Kedua, cukup ketuk Widget, pengguna akan menyaksikan banyak jalan pintas di sana, lalu pilih pintasan untuk Whatsapp.

Jika tidak ada pintasan untuk aplikasi berlogo gagang telepon itu, pengguna bisa memanfaatkan fitur pencariannya.

Cukup ketik Whatsapp, bisa langsung menemukannya. Langkah ketiga, pengguna akan mendapati widget Whatsapp yang berbeda dan perlu mengetuk widget 4 x 1 Whatsapp.

Setelah itu, langkah keempat, sentuh dan tahan widget itu, lalu letakkan di salah satu layar beranda. Sebaiknya letakkan pada beranda yang kosong tanpa aplikasi agar tampilannya bisa lebih luas.

Setelah menambahkannya ke layar, pengguna bisa menekan lama pada widget untuk memperluasnya.

Pengguna sekarang sudah bisa membaca pesan tanpa perlu membuka obrolan di aplikasi besutan Facebook itu.

Bahkan semua pesan lama yang belum terbaca juga bisa kalian baca. Namun, perhatikan bahwa jika pengguna mengetuk salah satu obrolan di widget maka Whatsapp akan membuka obrolan itu dan pengirim akan mengetahui bahwa pesannya telah terbaca.

Sementara di Whatsapp Web, hal ini juga bisa dilakukan. Langkah pertama adalah menempatkan kursor pada obrolan setelah pengguna menerima pesan apa pun di Whatsapp Web. Kemudian akan melihat pesan mengambang di bawah kursor tersebut.

Dengan cara ini, pengguna Whatsapp tak perlu membuka obrolan untuk memeriksa pesan terbaru di versi web. Namun, perlu dicatat bahwa pengguna hanya bisa membaca satu pesan terbaru dan bukan yang lama dengan cara ini.

Bagi pengguna smartpone yang tidak memiliki fitur widget, masih ada alternatif lain untuk bisa membaca chat Whatsapp tanpa harus membukanya, yaitu dengan cara mengaktifkan notifikasi pop up.

Pesan yang muncul memang tidak penuh seperti menggunakan Widget, tapi kita tetap bisa membaca seluruh pesan tanpa harus membuka aplikasi Whatsapp nya.

Cara mengaktifkan pesan pop up Whatsapp cukup mudah. Hanya dengan membuka aplikasi Whatsapp, tekan tombol titik tiga, pilih Settings, pilih Notification, tekan Pop Up Notification, dan pilih always show Pop Up.

Setelah notifikasi pop up diaktifkan, nanti setiap kali ada pesan yang masuk akan muncul jendela preview dari pesan itu.

Kita bisa membacanya dari sana. Jendela pop up hanya bisa berisi satu pesan, tidak seperti Widget yang berupa list dan semua pesan terlihat.

Ada pula metode menonaktifkan internet yang diperlukan yang berhubungan dengan koneksi internet yang bertujuan memotong kemampuan komunikasi Whatsapp.

Jika ada pesan masuk, jangan langsung membukanya. Kalian hanya perlu matikan Wifi atau data seluler dan mengaktifkan mode pesawat, lalu buka Whatsapp, ketik pesan yang ingin dibaca.

Setelah selesai, keluar dari aplikasi, lalu bersihkan atau tutup aplikasi Whatsapp dari tab di ponsel kalian. Setelah memastikan Whatsapp ditutup, nyalakan kembali internet kalian.

Pesan masih akan ditandai belum dibaca karena Whatsapp diblokir dari komunikasi saat kalian menonaktifkan internet. Jangan membuka tab obrolan lagi jika tak ingin tanda sudah dibaca terlihat di perangkat pengirim.

Itulah bagaimana cara membaca pesan Whatsapp tanpa membukanya terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.